Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Keuangan Perusahaan dan Manfaatnya Bagi Investor

 Apa profesi anda saat ini ? apakah anda seorang investor ? seorang manejer investasi ? salah satu anggota tim audit sebuah perusahaan ? bekerja di bidang keuangan ? seorang mahasiswa/ mahasiswi akutansi ? atau yang lainnya ? apapun profesi anda tidak menghalangi anda untuk lebih paham tentang laporan keuangan. Jika anda ingin menjadi seorang investor sesukses  Warrent Buffet ,  atau sekelas Lo Kheng Hong , anda harus menggali dan mengasah kemampuan anda dalam memahami laporan keuangan . Informasi penting sebuah perusahaan terbuka bisa anda temukan didalam laporan keuangannya. Entah perusahaan itu berisi emas berlian , atau berisi timbunan sampah yang membusuk yang dibungkus dan dipoles sedemikian rupa agar tidak tercium baunya, dapat anda lihat dilaporan keuangannya. Sekali lagi, jika anda benar benar ingin menjadi seorang investor , penting untuk memahami laporan keuangan. 







Laporan keuangan adalah informasi yang mampu menggambarkan keadaan suatu perusahaan. Kesehatan sebuah perusahaan dapat dilihat dari kesehatan laporan keuangannya, tidak peduli seberapa canggih  kemajuan sistem akutansi yang telah berkembang sekarang ini. Anda tetap dapat menemukannya  jika memang terdapat kerusakan didalamnya.

Baca juga : Mindset investor yang benar

Sebagai seorang investor, kita mengiginkan membeli saham perusahaan terbuka yang kondisi keuangannya  sehat. “Membeli perusahaan yang sehat sama seperti membeli mesin pencetak uang “ ujar seorang investor tersohor dinegeri ini , bapak Lo Kheng Hong. Beliau mengatakannya disalah satu seminar yang dihadirinya. 

Laporan keuangan perusahaan terbuka bisa kita dapatkan dari sumber resmi yaitu IDX atau bisa juga dari situs web resmi  masing – masing perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga bisa anda dapatkan dari media cetak / koran. Hanya saja perlu usaha yang lebih besar menurut saya .

Laporan keuangan ada 2 yaitu laporan kuartal dan laporan tahunan. Laporan kuartal dikeluarkan setiap 3 bulan sekali. Laporan tahunan dikeluarkan satu kali dalam setahun.  Didalam laporan tahunan anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari perusahaan mulai dari pemimpin perusahaan, latar belakang perusahaan, kegiatan perusahaan dan informasi lainnya yang berhubungan dengan perusahaan tersebut dalam kurung waktu kerja setahun. Lalu kapan anda bisa mendapatkan laporan tersebut?

Laporan keuangan kuartal I berisi tentang informasi keuangan perusahaan dari bulan Januari – Maret selambat – lambat nya akan rilis diakhir bulan April. Laporan  keuangan kuartal II berisi tentang informasi keuangan perusahaan dari bulan April – Juni selambat – lambat nya akan rilis diakhir bulan Juli. Laporan keuangan kuartal III berisi tentang informasi keuangan perusahaan dari bulan Juli – September selambat – lambat nya akan rilis diakhir bulan Oktober. Terakhir Laporan keuangan kuartal IV/  laporan tahunan  berisi tentang informasi keuangan perusahaan dari bulan Oktober – September selambat – lambat nya akan rilis diakhir bulan Maret ditahun berikutnya. Itulah jadwal rilis laporan keuangan perusahaan terbuka. 

Baca juga : Investasi saham berjudi atau tidak

Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan kepada para pemegang saham adalah salah satu ciri perusahaan yang memiliki manajemen yang bagus. Bagi perusahaan yang terlambat menyampaikan laporan keuangannya biasanya akan ditindak lanjut oleh pihak yang berwenang. Biasanya akan diberi surat peringatan atau sanksi lainnya. 

Marilah kita memulai investasi kita dengan sikap bertanggung jawab kepada diri sendiri. Investasi itu adalah keputusan kita pribadi lepas pribadi. Jadi sudah saatnya kita melatih kemandirian dengan cara membaca serta memahami laporan keuangan perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi disaham diperusahaan tersebut. 


Posting Komentar untuk "Laporan Keuangan Perusahaan dan Manfaatnya Bagi Investor"