Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Mandiri Finansial dan Cara Mencapai Khususnya Bagi Perempuan

     Mandiri secara finansial merupakan impian setiap orang,  baik orang muda yang baru bekerja maupun orang yang sudah lama bekerja.  Kita semua selalu menginginkan hidup dengan finansial yang mandiri. Sebelum itu, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu Mandiri secara finansial ?

    Mandiri secara finansial ( financial independence )  adalah kondisi di mana seseorang dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya tanpa bergantung pada gaji atau penghasilan yang didapatkan dari bekerja . Seseorang dikatakan telah  mandiri secara finansial jika penghasilannya dari pertumbuhan aset yang diperolehnya dapat memenuhi kebutuhan hidupnya ( bukan gaya hidup) tanpa mempengaruhi pertumbuhan aset yang dimilikinya.  

Baca Juga : Saham Judi ? 

    Bagi sebagian orang yang memiliki latar belakang keluarga konglomerat , mandiri secara finansial merupakan hal yang mudah didapatkan . Kemandirian finansial bisa mereka dapatkan dari harta warisan kedua orangtuanya . Tetapi bagi sebagian orang yang baru memulai untuk menata keuangan nya pribadi , mandiri secara finansial bukanlah sesuatu hal yang mudah.  Diperlukan kerja keras dan komitmen agar dapat mewujudkan hidup yang mandiri secara finansial. 

    Untuk mencapai mandiri secara finansial ( financial independence )  dibutuhkan minimal 3 skill atau elemen.  ketiga elemen tersebut diantaranya adalah:


1. Kemampuan Menabung (Skill Saving) .

    Sejak kecil kita telah mengenal istilah “ menabung pangkal kaya “ . istilah tersebut tidak salah hanya saja pepatah ini sudah kurang relevan dengan kehidupan kita  sekarang ini.  Saya tidak mengatakan hal itu tanpa alasan yang jelas. Coba anda bandingkan pertumbuhan uang yang anda tabung dengan tingkat kenaikan harga barang – barang (inflasi) ? mana yang lebih besar ? bunga dari tabungan anda atau inflasi ? 

    Menabung mengajarkan pribadi kita masing masing untuk selalu melakukan pengaturan pemasukan dengan penghasilan ( budgeting ) . Setelah budgeting kita akan mulai untuk mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan (cut expense).  Jadi walaupun kurang relevan  skill menabung masih sangat diperlukan agar kita hidup dengan prinsip “ besar tiang daripada pasak “ 

2. Kemampuan Meningkatkan Penghasilan ( Earnings Power)

    Meningkatkan Penghasilan ( Earnings Power) mengajarkan kita agar jangan hanya   mengandalkan satu sumber pemasukan . Bayangkan jika kita hanya mendapatkan penghasilan dari pekerjaan tetap sehari – hari , lalu terjadi satu dua hal ditempat tersebut kemudian  kita dipecat  maka penghasilan kita tidak akan adalagi. 

    Jadi kemampuan meningkatkan penghasilan ( Earnings Power) mengajarkan kita agar tidak berdiam diri. Kita harus mencari cara,  memutar otak , mengasah kreativitas pribadi agar bisa mendapatkan sumber penghasilan lebih dari satu. Ingat lah akan satu hal penting “ kita tidak bisa menabung lebih dari apa yang dapat kita hasilkan)

Baca juga : Investasi Syariah

3. Kemampuan investasi (invesment)

    Investasi  bukan lah kata asing lagi. Banyak media yang telah menginformasikan hal tersebut diberbagai tempat diseluruh penjuru dunia ini.Tetapi saya mau mengingatkan satu hal yang tidak kalah penting “ investasi bukanlah sesuatu yang bisa diperoleh dan dilakukan semudah dan sesederhana apa yang telah disiarkan beberapa media iklan/ platform”.  

    Investasi yang berhasil membutuhkan setidaknya dua hal yaitu kemampuan investasi yang baik (a good skill personal invesment ) dan juga modal 

    Dari ketiga kemampuan yang sudah dijabarkan diatas timbullah sebuah pertayaan , Skill manakah yang paling dibutuhkan ? skill manakah yang harus kita dahulukan ? yang mana yang paling utama ? jika pertayaan tersebut timbul dalam benak kita masing masing maka jawaban saya tidak ada. Ketiga kemampuan tersebut sama pentingnya. Jadi jika kita menginginkan kemandirian secara finansial mari kita bangun bersama sama ketiga hal tersebut


Posting Komentar untuk "Arti Mandiri Finansial dan Cara Mencapai Khususnya Bagi Perempuan "